Ayo, Kenali Gejala Kanker Serviks Sejak Dini!

  • SumoMe

Tahukah Anda bahwa kanker serviks adalah penyakit pembunuh nomor satu bagi para wanita? Kanker serviks atau kanker rahim ini disebabkan oleh virus HPV yang menyerang saluran reproduksi perempuan. Namun, terkadang gejala kanker serviks ini kurang diketahui oleh para wanita sehingga saat penyakit ganas tersebut menyerang, si penderita barulah menyadarinya. Untuk itu, tak ada salahnya Anda mengetahui gejala dari penyakit ini agar Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini.

Meskipun tak semua gejala kanker serviks ini dialami oleh semua penderita kanker, tetapi setidaknya salah satu diantaranya pernah dirasakan.

  1. Penderita kanker biasanya akan mengalami keputihan dalam jumlah banyak. Bukan hanya itu, keputihan tersebut baunya sangat tidak sedap dan berubah warna menjadi warna hijau atau warna kecoklatan.
  2. Penderita kanker akan merasa nyeri pada bagian paha, daerah kewanitaan, dan pinggul pada saat haid. Ketika mengeluarkan darah yang banyak, daerah kewanitaannya akan terasa gatal dan panas.
  3. Penderita kanker serviks ini akan mengalami haid yang berkepanjangan sehingga bisa dikatakan mengalami pendarahan saat haid.
  4. Gejala kanker serviks yang selanjutnya, penderita kanker akan merasakan sakit saat buang air kecil, buang air besar dan saat melakukan hubungan badan.
  5. Penderita kanker serviks ini akan mengeluarkan darah setiap melakukan hubungan badan karena rahimnya sudah mengalami infeksi yang disebabkan oleh virus HPV.
  6. Pada awal terserang kanker serviks, nafsu makan penderita akan menurun.
  7. Penderita kanker serviks akan mengalami bengkak pada kaki. Jika hal tersebut terjadi, maka virus kanker tersebut sudah menjalar pada bagian tubuh yang lain.
  8. Penderita kanker serviks ini juga cepat sekali merasakan lelah, walaupun rutinitasnya tidak padat.

Bagi Anda yang merasakan gejala tersebut, sebaiknya Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter supaya lekas mendapatkan pengamanan.

Pencegahan Kanker Serviks

Pencegahan kanker serviks bisa Anda lakukan sejak dini sehingga penyakit berbahaya tersebut tidak menggerogoti tubuh Anda. Melakukan pencegahan tentunya lebih baik daripada Anda berusaha mengobati saat tahu gejala kanker serviks tersebut ada pada diri Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya kanker tersebut tak hinggap pada rahim Anda :

  1. Berusahalah setia pada pasangan Anda karena salah satu pemicu kanker rahim tersebut adalah seringnya bergonta-ganti pasangan.
  2. Bagi Anda yang berumur dibawah 17 tahun, usahakan jangan dulu melakukan hubungan badan. Karena pada usia tersebut rahim perempuan masih lemah.
  3. Kanker rahim juga dapat menyerang wanita yang memiliki banyak anak. Karena terlalu sering melahirkan, sehingga rahimnya bisa saja terkena infeksi. Boleh memiliki anak banyak, tetapi setidaknya jarak anak jangan terlalu berdekatan supaya rahim Anda bisa kuat saat mengandung.
  4. Bagi Anda yang suka merokok, lebih baik tinggalkan saja kebiasaan tersebut, karena bisa saja rokok memicu berkembangbiaknya sel kanker pada rahim Anda.
  5. Pola makan Anda juga harus dijaga. Jangan terlalu sering makan junkfood karena pengawetnya tidak baik bagi kesehatan Anda.

Ketika hal di atas benar-benar Anda perhatikan pastinya Anda tidak akan mengalami gejala kanker serviks yang membuat Anda ketakutan setengah mati.

Cara Pengobatan Kanker Serviks dengan Cara Tradisional

Apabila Anda sudah mendapati gejala kanker serviks ada dalam tubuh, maka Anda harus segera mengobatinya supaya virus HPV tak menjalar ke bagian tubuh Anda yang lain. Ketika biaya menjadi masalah utama dalam melakukan pengobatan, maka tidak ada salahnya Anda melakukan pengobatan dengan cara tradisional.

Cara pengobatan kanker serviks dengan cara tradisional ini bisa Anda lakukan dengan meminum ramuan dari kulit manggis atau daun sirsak, karena kedua daun tersebut memiliki zat anti kanker pada daunnya. Jika Anda malas meraciknya sendiri, Anda bisa membelinya di toko-toko obat tradisional, pastilah ramuan kulit manggis dan daun sirsak tersedia di sana.

Cara Mengatasi Kanker Serviks dengan Cara Medis

Berbeda dengan orang yang terhambat masalah biaya pengobatan, bagi mereka yang berkantong tebal, saat mereka divonis memiliki gejala kanker serviks, maka mereka akan langsung menyerahkan semua pengobatan di dokter spesialis. Tentunya, pengobatan yang dilakukan oleh dokter ini berhubungan dengan dunia medis.

Cara mengatasi kanker serviks pada dunia medis biasanya dilakukan dengan menghambat sel-sel kanker supaya tak menjalar ke bagian tubuh yang lain, yaitu dengan cara kemoterapi. Kemoterapi ini tentunya memiliki efek samping, penderita akan mengalami kesakitan saat melakukan kemoterapi dan rambutnya akan rontok secara perlahan. Tubuhnya juga sangat lemah setelah penderita harus menjalani kemoterapi ini.

Semoga informasi tentang gejala, pencegahan, dan cara mengobati kanker Serviks ini bermanfaat bagi para pembaca semua. Memiliki gaya hidup sehat agar Anda bisa terhindar dari segala macam penyakit.