Cermati Tanda Kanker Serviks! Saatnya Peduli Pada Organ Reproduksi Anda

  • SumoMe

Kanker serviks adalah kanker yang menyerang organ reproduksi wanita. Kanker ini bisa dikatakan sangat mematikan, karena setiap hari pasti ada wanita yang terjangkit penyakit kanker rahim ini. Di Indonesia misalnya, setiap satu jam, 1 wanita meninggal dunia karena kanker rahim. Hal tersebut menunjukkan bahwa wanita memang sangat rentan terkena kanker serviks. Tanda kanker serviks tersebut tak begitu nampak, sehingga banyak wanita yang tak menyadari bahwa di dalam tubuhnya ada benih sel kanker yang sedang menggerogotinya. Setelah beberapa tahun baru mengetahui karena memeriksakan ke dokter.

Tanda kanker serviks harus Anda ketahui betul supaya Anda dapat melakukan pengobatan jika Anda terbukti mengalami gejala kanker serviks tersebut.

  • Orang yang terkena kanker serviks akan nyeri pada punggung, paha, dan perut saat ia menstruasi.
  • Orang yang terjangkit kanker rahim akan merasakan sakit ketika ia sedang berhubungan intim. Bahkan, ada juga yang sampai mengeluarkan darah saat melakukan hubungan badan.
  • Ketika menstruasi, penderita kanker serviks ini akan mengeluarkan darah yang banyak dan masa haidnya tidak normal karena terkadang sampai 15 hari orang tersebut masih mengeluarkan darah.
  • Penderita kanker serviks sering mengalami keputihan. Pada saat mengalami keputihan, organ intimnya akan terasa panas dan gatal. Darah putih tersebut bentuknya juga beda, darah putih tersebut kental dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Warnanya juga tidak bening, melainkan coklat atau kehijau-hijauan.
  • Wanita yang terkena kanker rahim akan cepat lelah dan kehilangan nafsu makannya.

Oleh karena itu, jika Anda mendapati tanda-tanda tersebut di diri Anda, maka Anda langsung saja pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi supaya tahu cara mengatasi masalah kewanitaan tersebut.

Bahaya Kanker Serviks

Jika Anda telah mengenali betul tanda kanker serviks yang telah dijelaskan sebelumnya, maka seharusnya Anda tahu apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Jangan malah mengentengkan gejala tersebut karena bahaya kanker serviks tersebut sedang menghadang Anda. Kanker serviks tersebut tentunya akan membahayakan Anda. Perut Anda akan seperti diremas-remas dan jika Anda tidak kuat menahan kesakitan tersebut, Anda bisa saja jatuh pingsan.

Memang, penyakit kanker serviks ini bisa menyerang wanita siapa saja. Tetapi, kebanyakan penyakit ini menyerang para PSK yang tentunya sering bergonta-ganti pasangan. Dengan bergonta-ganti pasangan, maka memudahkan virus HPV menyerang mereka. Oleh karena itu, mereka harus betul-betul mengerti akan bahaya kanker serviks supaya mereka bisa melakukan pencegahan sejak dini. Caranya, setiap bulannya, mereka harus rajin suntik vaksin HPV supaya virus HPV tidak hinggap pada rahim mereka.

Namun, sebenarnya, tidak hanya PSK saja yang harus melakukan pencegahan atau memahami tanda kanker serviks, tetapi setiap wanita harus tahu betul tentang kedua hal itu, supaya rahim mereka tidak gampang terkena infeksi yang diakibatkan oleh virus HPV tersebut.

Akibat Kanker Serviks

Walaupun mungkin Anda sudah melakukan pengobatan setelah Anda mengetahui tanda kanker serviks ada pada diri Anda, tetapi akibat kanker serviks ini mau tak mau harus Anda tanggung karena jika sel kanker ini sudah menyerang, maka pengobatannya pun tidaklah gampang. Anda harus rela mengorbankan sesuatu ketika Anda ingin sembuh. Bukan hanya materi saja yang Anda korbankan, tetapi juga tubuh Anda.

Akibat dari kanker serviks ini bisa menyebabkan penderitanya sangat lemah, karena ia harus menjalani kemoterapi untuk menghambat sel kanker menjalar ke seluruh tubuhnya. Konon katanya, kemoterapi tersebut seperti penyiksaan yang menjanjikan kesembuhan. Saat Anda menjalani kemoterapi, maka Anda harus rela jika Anda tidak memiliki mahkota kecantikan, karena rambut Anda menjadi rontok seiring dengan terapi pengobatan tersebut.

Kemoterapi biasanya dilakukan setelah dokter mengetahui tanda kanker serviks ada pada tubuh pasiennya. Namun, jika kanker rahim Anda sudah parah, jalan keluarnya adalah dengan mengangkat rahim Anda, sehingga Anda tidak bisa lagi memiliki buah hati. Bahkan, kanker tersebut juga bisa menyebabkan kematian. Untuk itu, berhati-hatilah para wanita, jangan hanya kesenangan saja yang Anda pikirkan, tetapi juga kesehatan Anda!