Gejala Kanker Kolon dan Upaya Pencegahannya

  • SumoMe

Kanker kolon atau biasa dikenal dengan kanker usus besar merupakan jenis penyakit kanker yang menyerang bagian usus besar yang terletak tepat dibagian bawah dari sistem pencernaan manusia. Gejala kanker kolon sendiri biasanya berupa adanya perubahan pada keadaan usus, seperti diare dan konstipasi ataupun perubahan jadwal buang air besar yang tidak biasanya. Selain itu, juga menyebabkan pendarahan pada feses seseorang, adanya rasa ketidaknyamanan di area sekitar perut, seperti keram, kembung dan rasa nyeri yang amat sangat di daerah sekitar usus.

Gejala kanker kolon lainnya yaitu adanya perasaan yang tidak tuntas saat mengeluarkan feses, sehingga menyebabkan seseorang menjadi lemas, lemah, berat badan turun, anemia, hingga feses berbentuk panjang seperti pensil. Kanker kolon sendiri bisa menyerang dan merusak beberapa jaringan baik di sekitar daerah usus hingga organ-organ lain. Parahnya, sel-sel kanker ini bisa menyebar ke bagian tubuh yang lainnya untuk membentuk tumor baru seperti paru-paru dan hati.

Penyebab kanker kolon sendiri belum diketahui dengan pasti, namun para dokter berpendapat bahwa penyebabnya terjadi ketika sel-sel yang normal dalam usus besar berubah. Jadi, tumbuhnya sel-sel baru yang berada di sekitar usus besar menjadi abnormal dimana pertumbuhan sel-sel nya menjadi berlebihan sehingga menyebabkan sel tumor atau pra kanker tumbuh di saluran pencernaan dan mengganggu seluruh sistem pencernaan.

Pertumbuhan sel pra kanker yang merupakan awalnya gejala kanker kolon ini biasanya bermula dari gumpalan polip yang berada di saluran usus besar, polip itu biasanya berbentuk hampir serupa dengan jamur. Nah, jika Anda sudah mendeteksi adanya polip ini sejak dini sebelum berubah menjadi kanker, maka Anda bisa mencegah terjadinya kanker polip tersebut. Selain itu, mutasi gen bawaan juga bisa menjadi salah satu penyebab yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker usus. Mutasi gen ini biasanya dapat diturunkan didalam silsilah keluarga.

Adapun faktor-faktor yang menimbulkan gejala kanker kolon adalah:

  1. Faktor usia, biasanya bagi seseorang yang berusia lanjut
  2. Memiliki catatan pribadi yang sebelumnya pernah terdeteksi mengidap polip atau kanker kolon
  3. Mempunyai riwayat peradangan saluran pencernaan
  4. Faktor genetika atau memiliki riwayat keluarga yang mempunyai keturunan penyakit kanker kolon
  5. Sering mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi dan tidak mengandung banyak serat
  6. Obesitas atau kelebihan berat badan
  7. Mempunyai riwayat diabetes
  8. Gaya hidup tidak sehat
  9. Mengkonsumsi minuman keras
  10. Pengaruh radiasi sinar X

Upaya Pencegahan kanker Kolon

Berdasarkan gejala kanker kolon yang sudah dijelaskan di atas, kita bisa mencegah terjadinya kanker kolon ini. Adapun upaya pencegahan kanker kolon ini, meliputi:

  • Konsumsi makan-makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan yang kaya akan Vitamin dan serat.
  • Hindari makan-makanan yang berlemak dan mengandung banyak kalori, hal ini untuk menghindari terjadinya gangguan pada saluran pencernaan yang bisa meningkatkan keasaman, asam empedu, konsentrasi asam lemak maupun zat besi yang terdapat pada usus besar.
  • Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, biasanya terdapat dalam kandungan ikan tertentu.
  • Konsumsi susu yang memiliki kandungan lactobacillus acidophilus untuk melancarkan sistem pencernaan.
  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium, vitamin, nutrisi, dan asam folat.
  • Lakukan olahraga secara teratur untuk kesehatan tubuh, lakukan secara rutin olahraga ringan agar tubuh selalu terjaga kesehatannya.
  • Hindari merokok dan konsumsi minuman keras
  • Banyak minum air putih
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat pewarna dan pengawet karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang dibakar maupun yang diasap
  • Lakukan deteksi dini sebelum kanker menyerang Anda
  • Konsumsi suplemen atau multivitamin
  • Jika Anda berusia 40 tahun, lakukanlah pendeteksian dini melalui cek darah.
  • Hindari stress, biasanya banyak pikiran bisa menyebabkan seseorang mengalami berbagai macam penyakit.

Nah, itulah beberapa upaya pencegahan sebelum Anda mengidap penyakit kanker kolon. Mulai dari sekarang, anda bisa mencegah terjadinya gejala kanker kolon yang bisa menyerang Anda. Lakukan pola hidup sehat, jagalah makanan yang Anda makan, dan hindari makanan yang mengandung banyak kalori.