Hati-Hati Terhadap Kanker Jaringan Lunak

  • SumoMe

Kanker jaringan lunak merupakan nama sebuah penyakit yang cukup ganas menyerang jaringan tulang lunak. Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab kanker jaringan lunak yang di derita tersebut. Namun dapat diketahui pemicu terjadinya kanker tersebut seperti salah mengkonsumsi makanan. Biasanya berasal dari makanan yang mengandung banyak zat kimia berbahaya. Sehingga makanan tersebut tidak dapat dicerna oleh tubuh, dan zat kimia tersebut meradang di dalam tubuh hingga akhirnya menyebar ke seluruh tubuh. Penyebaran zat kimia tersebut yang dapat memicu kanker.

Selain makanan yang mengandung banyak bahan kimia, penyakit ini juga dapat dipicu oleh radiasi yang dihasilkan oleh gelombang elektromagnetik dan logam berat. Namun penyakit kanker jaringan lunak ini juga diduga kuat dapat berasal dari faktor genetik. Faktor genetik tidak harus dari ibu atau ayahnya yang langsung terkena pada anak. Faktor genetik bisa saja berasal dari nenek atau kakeknya, bahkan bisa saja gen anak tersebut mengikuti orang tua sebelumnya. Biasanya kanker jaringan lunak ini ditemukan di tempat tertentu seperti di daerah kandung kemih, alat vital, leher kepala, bahkan ada juga yang tumbuh di wajah.

Kanker jaringan lunak biasanya ditemukan pada anak berusia di bawah 15 tahun. Pertumbuhan penyakit ini relatif terjadi sangat cepat membesar, jika telah membesar maka akan berkembang menjadi sebuah benjolan yang cukup keras sehingga dapat mengakibatkan anak kesulitan untuk bergerak. Penyakit ini sangat cepat menyebar ke organ tubuh yang lain. Bahkan jika tidak segera diobati, maka tidak hanya menyerang tempat tertentu saja. Bisa-bisa menyebar ke seluruh organ tubuh seperti hati, paru-paru bahkan dapat menyebar ke dalam tulang. Lama-kelamaan penyakit ini akan menyebabkan pendarahan pada kulit. Di setiap tempat akan menimbulkan gejala kanker jaringan lunak yang berbeda-beda.

Gejala Kanker Jaringan Lunak

Kanker jaringan lunak ini akan timbul di beberapa tempat pada tubuh. Setiap tempat tersebut akan mengalami gejala yang berbeda-beda sesuai tempat kanker tersebut tumbuh. Jika kanker tersebut timbul di jaringan bagian kepala, gejala neurologis akan timbul. Gejala ini akan ditandai dengan adanya gangguan keseimbangan pada tubuh sehingga tubuh sering merasa mual dan kepala terasa pusing. Gejala dari kanker jaringan lunak yang terjadi di kepala ini sama seperti gejala orang yang masuk angin. Oleh sebab itu, bila timbul gejala seperti itu sebaiknya jangan disepelekan. Bila telah diberi obat namun tetap tidak sembuh sebaiknya segera periksa ke dokter sebelum terlambat.

Gejala kanker jaringan lunak ditempat lain seperti di leher akan ditemukan sebuah benjolan yang cukup keras dan besar yang akan menyebar ke jaringan KGB (kelenjar getah bening). Begitu pula di alat vital dan di saluran kandung kemih. Penyakit ini sangat berbahaya, karena seperti yang kita ketahui bahwa kanker adalah penyakit yang mematikan. Jika tidak dilakukan pengobatan yang efektif maka kanker tersebut akan menggerogoti seluruh organ tubuh, hingga akan menyebabkan kematian. Oleh sebab itu sebelum terjadi kanker jaringan lunak, sebaiknya selalu menjaga kesehatan anak agar tidak terserang penyakit tersebut. Apalagi sekarang ini sudah banyak makanan yang mengandung zat kimia berbahaya yang tidak dapat diserap oleh tubuh hingga akhirnya menyebar dan mengakibatkan kanker.

Pencegahan Kanker Jaringan Lunak

Kanker jaringan lunak dapat terjadi dari beberapa pemicu seperti banyaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat karsinogen. Dari zat-zat tersebut maka akan memicu sel-sel yang berkembang secara abnormal dan akhirnya akan menjadi gejala kanker. Zat tersebut kebanyakan dapat ditemui di bahan makanan. Apalagi sekarang ini sangat banyak makanan yang sudah tercampur oleh zat-zat kimia. Bila anak secara terus menerus mengkonsumsi makanan tersebut, maka akan terjadi penumpukan zat-zat kimia yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Sebaiknya sebelum terjadi hal demikian orang tua melakukan pencegahan kanker jaringan lunak tersebut dengan memberikan makanan yang sehat kepada anak.

Pencegahan kanker jaringan lunak lainnya dapat dilakukan dengan cara mengurangi anak mengkonsumsi minuman yang bersoda. Rasanya memang sangat enak, namun dalam soda tersebut terkandung banyak zat yang dapat menggerogoti organ dalam tubuh yang akan memicu terjadinya kanker jaringan lunak. Selain itu, hindari makanan dan minuman yang menggunakan pewarna. Karena belum tentu pewarna tersebut berasal dari zat pewarna alami. Pewarna buatan terbuat dari beberapa zat kimia sehingga makanan atau minuman tersebut tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Sebaiknya selalu memperhatikan apa yang dikonsumsi oleh anak agar tidak sampai terjadi hal yang demikian.