Kenali Gejala Kanker Tulang Kaki dan Cara Pencegahannya

  • SumoMe

Penyakit kanker bisa menyerang hingga ke tulang. Hampir seluruh tulang di tubuh dapat terserang kanker. Salah satunya yaitu kanker tulang kaki. Hampir semua penyakit kanker bisa membahayakan tubuh. Penyakit kanker tidak mengenal usia dan tempat. Mulai dari anak-anak hingga dewasa pun sewaktu-waktu bisa saja terserang kanker. Kanker tulang diakibatkan oleh adanya virus kanker yang menyerang tubuh terutama bagian tulang yang terdapat di dalam tubuh manusia. Kanker tulang ini merupakan salah satu penyakit kanker yang sangat berbahaya. Apalagi jika yang diserang virus kanker adalah tulang, otomatis segala pergerakan akan terasa sangat terganggu.

Kanker tulang kaki artinya virus kanker tersebut sudah menggerogoti tulang bagian kaki. Dengan demikian pergerakan pada tulang kaki terasa sangat sulit. Seperti yang kita ketahui bahwa kaki yang membantu kita saat berjalan. Namun apabila tulang kaki tersebut yang terserang penyakit maka untuk berjalan pun terasa sangat sulit. Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum terlambat jaga selalu kesehatan dengan melakukan perawatan. Perawatan dilakukan agar dapat selalu mengkontrol virus dan bakteri yang terus berkembang. Apabila sudah terlambat terserang, maka pengobatannya pun akan sulit. Bahkan bila virus tersebut terus berkembang, maka akan berakibat sangat fatal, hingga bisa menyebabkan kematian.

Virus kanker tulang kaki semakin lama maka akan semakin berkembang. Bisa saja yang diserang bukan hanya pada tulang kaki saja, bahkan virus yang dibiarkan ini bisa menggerogoti tulang di seluruh tubuh. Sehingga lama kelamaan virus itu akan menghancurkan zat-zat kalsium penguat tulang dan akhirnya tulang akan semakin lemah. Dari kelemahan tulang tersebut maka tubuh akan seperti mati rasa terhadap sentuhan. Bahkan tulang yang sudah sangat lemah akan mengalami kelumpuhan dan lama kelamaan akan berakhir dengan kematian. Banyak orang yang menyepelekan gejala kanker tulang. Oleh sebab itu sebaiknya kita mengetahui gejala-gejala yang timbul saat terserang kanker kaki.

Gejala Kanker Tulang Kaki

Gejala kanker tulang kaki hampir sama dengan yang dirasakan oleh seseorang yang mengalami kelelahan. Biasanya terasa nyeri tulang, terdapat benjolan pada tulang, kondisi tubuh yang selalu melemah, bahkan dapat terlihat semakin menurunnya berat badan seseorang. Nyeri pada tulang sering kali disebabkan oleh kelelahan yang dirasakan setelah seharian melakukan aktivitas. Biasanya saat nyeri tersebut terjadi, kita memijat bagian kaki yang sakit tanpa ada penanganan lebih lanjut. Pada orang normal, jika melakukan hal demikian tidak lama dari memijat otot kaki tidak terasa nyeri lagi. Namun pada orang yang terserang kanker tulang kaki maka nyeri akan hilang namun hanya sementara dan akan muncul lagi.

Hingga disadari bahwa sedang ada perkembangan penyakit kanker dalam tubuh dengan adanya benjolan yang terdapat pada bagian kaki. Benjolan tersebut akan terasa sangat keras dan sakit bila ditekan. Oleh sebab itu jangan biarkan benjolan tersebut menyebar lebih lanjut pada tulang lainnya. Bila tulang lainnya sudah tersebar virus, maka otomatis kondisi tubuh semakin hari semakin melemah. Bahkan ada yang hingga merasa kelumpuhan pada kaki dan akibatnya kaki tidak dapat dipergunakan untuk berjalan. Sebaiknya sebelum itu semua terjadi, kita harus menjaga kesehatan tubuh semaksimal mungkin agar penyakit kanker tulang kaki pun akan menyingkir dari tubuh.

Pencegahan Kanker Tulang Kaki

Pencegahan kanker tulang kaki sebaiknya dilakukan sebelum terlambat. Caranya kenali rasa sakit yang sedang terasa. Jangan menyepelekan rasa sakit tersebut karena jika selalu disepelekan virus itu terus berkembang dan akhirnya menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya memperbanyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin D. karena kebanyakan penyakit tulang disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin D. Selain itu, perbanyak mengkonsumsi ikan dan susu kalsium. Ikan memiliki banyak kandungan kalsium terutama pada ikan laut. Susu kalsium pun saat ini sudah banyak, sehingga Anda tinggal memilih susu yang cocok untuk tubuh agar membuat tulang tetap kuat dan memperkecil resiko terkena kanker tulang kaki.

Selain itu biasanya wanita menyukai sepatu yang berukuran cukup tinggi. Sebenarnya hal tersebut tidak baik untuk pertumbuhan tulang pada kaki. Terutama pada perkembangan tulang telapak kaki. Penghambatan tersebut juga akan mengakibatkan kanker tulang kaki. Oleh sebab itu sebaiknya jika menggunakan sepatu, sebaiknya menggunakan yang biasa saja agar pergerakan tulang kaki akan berkembang dengan baik dan terhindar dari kanker tulang tersebut. Karena pencegahan kanker tulang kaki sebaiknya dilakukan sebelum penyakit kanker melanda tubuh yang pada akhirnya akan membawa kelumpuhan, bahkan akan menyebabkan kematian bila secara terus menerus dibiarkan.