Mencegah Kanker Serviks Dengan Imunisasi Kanker Serviks

  • SumoMe

Kanker serviks atau kanker mulut rahim merupakan salah satu jenis kanker yang sangat mematikan. Sekarang ini tercatat hampir setiap jamnya ada satu wanita yang meninggal karena kanker mulut rahim ini. Kanker serviks atau kanker mulut rahim, sesuai dengan namanya kanker ini menyerang bagian intim wanita tepatnya pada bagian mulut rahim. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena kanker serviks ini, salah satunya dari virus HPV atau Human Papilloma Virus. Virus ini merupakan virus ganas yang dapat mematikan, namun bagi Anda para wanita tidak perlu khawatir lagi karena sekarang sudah ada imunisasi kanker serviks.

Imunisasi kanker serviks ini merupakan salah satu tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari datangnya kanker serviks. Imunisasi ini pada prinsipnya sama dengan imunisasi yang dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit lainnya, misalnya saja imunisasi campak untuk bayi dan imunisasi lainnya. Imunisasi yang dilakukan untuk mencegah kanker serviks ini dapat dilakukan oleh wanita dari mulai umur 10 tahun sampai 26 tahun dan diutamakan bagi yang belum pernah melakukan hubungan intim atau belum menikah. Namun bagi Anda yang sudah menikah juga dapat melakukan imunisasi ini. Dengan melakukan imunisasi ini, diharapkan dapat mengurangi resiko terjangkitnya penyakit yang mematikan ini.

Kanker serviks atau kanker mulut rahim pada dasarnya sulit untuk dikenali. Penyakit mematikan ini membutuhkan waktu yang cukup lama sampai terdeteksi. Pencegahan sejak dini pun kadang masih kurang. Perlu dilakukan beberapa aktivitas pengecekan apakah ada bibit penyakit kanker ini dalam rahim Anda. Namun dengan adanya imunisasi kanker serviks ini resiko penyakit kanker serviks ini dapat dihindari walau hanya 70 persen sampai 95 persen saja. Dengan adanya imunisasi ini setidaknya para wanita sudah melakukan tindakan pencegahan untuk menangkal virus HPV. Namun imunisasi saja tidak cukup untuk mencegahnya, gaya hidup sehat juga harus Anda terapkan untuk menghindari penyakit mematikan ini karena kanker serviks dapat timbul karena pola hidup yang tidak sehat.

Vaksinasi kanker serviks salah satu imunisasi kanker serviks

Pemberian imunisasi kanker serviks ini dilakukan secara bertahap yaitu tiga kali dalam kurun waktu sekitar 6 bulan. Imunisasi yang dilakukan untuk mencegah kanker serviks berupa vaksinasi kanker serviks. Dengan pemberian vaksinasi ini bertujuan untuk mencegah atau menghambat perkembangan sel abnormal yang dapat menjadi cikal dari tumbuhnya kanker serviks ini. Seperti yang sudah dijelaskan, imunisasi ini dapat dilakukan pada wanita diatas umur 10 tahun sampai 26 tahun dan yang belum menikah atau belum pernah melakukan hubungan intim. Selain itu, vaksinasi diberikan kepada wanita yang belum mengidap kanker serviks, hal ini dikarenakan jika pemberian imunisasi dilakukan sesudah terinfeksi kanker serviks vaksinasi yang dilakukan tidak akan efektif dan efisien.

Pemberian imunisasi kanker serviks pada wanita yang paling tepat adalah ketika berusia remaja sekitar 15 tahun sampai 20 tahun. Namun, jika Anda sudah menikah dan mempunyai anak, tidak ada salahnya jika ingin melakukan vaksinasi ini. Anda harus melakukan vaksinasi ketika sedang tidak hamil ataupun sedang menyusui, karena vaksinasi ini berbahaya jika dilakukan ketika sedang hamil atau menyusui. Bagi Anda yang sudah menikah, sebaiknya melakukan screening terlebih dahulu sebelum melakukan vaksinasi. Screening ini dilakukan untuk mendeteksi apakah Anda sudah terkena kanker serviks atau belum.

Vaksin untuk imunisasi kanker serviks ini ada dua jenis yaitu Cervarix dan Gardasil. Kedua vaksin ini diberikan untuk mencegah timbulnya kanker serviks pada wanita. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa vaksin untuk kanker serviks ini diberikan tiga kali dalam waktu tertentu. Jarak pemberian vaksin yang pertama dan kedua sekitar satu bulan, sedangkan jarak yang kedua dan yang ketiga adalah lima bulan. Vaksin ini bertugas dalam tubuh untuk melindungi sel-sel dari infeksi virus HPV penyebab kanker serviks.

Pemberian vaksin ini dapat mencegah virus HPV tipe 16 dan tipe 18 yang sangat mematikan. Namun tidak hanya itu saja, vaksin ini juga sangat efektif untuk mencegah tipe kanker serviks lainnya yang sifatnya ringan. Jika Anda berminat untuk melakukan imunisasi kanker serviks, Anda harus merogoh kocek sedikit dalam. Karena sekali penyuntikan vaksin dibutuhkan biaya 700 ribu sampai 800 ribu rupiah. Jadi Anda perlu menyiapkan uang 2 juta sampai 3 juta rupiah untuk melakukan imunisasi kanker serviks ini.