Mengenal Lebih Dekat Kanker Getah Bening

  • SumoMe

Kanker adalah salah satu penyakit yang ditakuti oleh orang karena penyakit ini dapat menimbulkan kematian. Salah satu kanker yang berbahaya adalah kanker getah bening. Kanker ini menyerang sistem limfatik, sistem limfatik inilah yang berperan dalam menjaga kekebalan tubuh. Kanker ini juga dikenal dengan istilah lain limfoma, karena yang diserang jaringan limfatik. Sistem limfatik sendiri merupakan sistem yang mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit, jika sel kanker sudah menjalar pada sistem limfatik ini akibatnya bisa sangat fatal. Sistem limfatik ini menghasilkan sebuah cairan yang berwarna putih susu yang banyak mengandung protein dan lemak. Cairan inilah yang mengalir dalam kelenjar getah bening dan berperan aktif dalam menjaga kekebalan tubuh.

Ada banyak penyebab kanker getah bening, salah satunya yaitu faktor keturunan. Bawaan genetik pada tubuh sangat berpengaruh besar terjadinya kanker ini. Selain faktor keturunan, kanker limfatik juga dapat terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang lemah. Orang yang mempunyai kekebalan tubuh lemah sangat mudah terserang kanker ini. Gaya hidup yang tidak sehat juga merupakan faktor utama penyebab kanker pada sistem limfatik ini. Orang yang banyak konsumsi makanan dengan bahan pengawet dan pewarna buatan akan lebih beresiko menderita limfoma. Kanker getah bening juga dapat terjadi karena infeksi dan juga virus yang menyerang getah bening.

Gejala Kanker Getah Bening

Setelah mengetahui penyebab kanker getah bening, Anda juga perlu mengetahui gejala yang timbul dari kanker ini. Gejala kanker getah bening secara umum yaitu terjadi pembengkakan pada daerah tubuh tertentu. Seseorang yang menderita limfoma atau kanker getah bening akan mengalami pembengkakan pada daerah leher, pangkal paha atau pada daerah ketiak. Gejala yang timbul berbeda sesuai dengan jenis limfoma yang diderita. Ada dua jenis limfoma yaitu Hodgkin’s dan Non-Hodgkin’s. Kedua jenis kanker getah bening ini mempunyai perbedaan yang mendasar.

Kanker getah bening jenis Hodgkin’s merupakan salah satu jenis kanker getah bening yang ditandai dengan gejala pembengkakan atau pembesaran pada kelenjar getah bening dan juga limpa tanpa dibarengi dengan rasa sakit ataupun nyeri. Perkembangan sel kanker jenis Hodgkin’s ini sangat progresif dan juga perkembangan sel kanker juga sangat cepat pada jaringan limfatik. Resiko kanker getah bening Hodgkin’s ini sangat tinggi wanita maupun pria dengan usia 15 sampai 38 tahun dan usia diatas 50 tahun. Gejala dari limfoma Hodgkin’s ini adalah pembengkakan pada kelenjar getah bening tanpa disertai rasa sakit dan juga demam dan keluar keringat di malam hari. Selain itu berat badan juga akan turun karena kurangnya nafsu makan. Terkadang juga mengalami sesak nafas atau sakit pada bagian dada.

Jenis kanker getah bening yang kedua adalah Non-Hodgkin’s. Limfoma jenis ini merupakan kanker ganas yang menyerang limfonodus serta jaringan limfa yang lainnya. Limfoma non-Hodgkin’s ini lebih beresiko ada pria usia diatas 50 tahun. Gejala yang timbul dari limfoma Hodgkin’s ini adalah pembesaran tonsil dan juga kelenjar adenoid serta limfonodus di leher dan daerah sekitarnya berubah warna menjadi kemerahan. Selain itu kelenjar getah bening juga mengalami pembesaran yang abnormal. Limfoma yang terus berkembang dapat menunjukkan gejala lainnya yaitu demam dan juga berkeringat di malam hari.

Pencegahan Kanker Getah Bening

Setelah mengetahui gejala dan penyebab kanker getah bening yang sangat berbahaya ini sebaiknya lebih menjaga kesehatan tubuh dengan cara melakukan tindakan preventif atau pencegahan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker getah bening ini. Cara pencegahan kanker getah bening yang paling mudah adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Perbanyak makanan yang sehat dan tidak mengandung pengawet ataupun pewarna buatan. Konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung antioksidan juga kaya akan serat juga dapat mencegah limfoma menyerang tubuh. Hindari juga makanan yang banyak mengandung lemak jahat.

Mencegah kanker getah bening menyerang tubuh juga dapat dilakukan dengan melakukan olah raga secara rutin dan juga istirahat yang cukup. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh, Anda juga dapat mengkonsumsi multivitamin tambahan seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga vitamin E dan D. Dengan selalu menjaga kesehatan tubuh, Anda dapat terhindar dari kanker getah bening yang mematikan.