Mengenali Gejala Kanker Mulut dan Bahayanya

  • SumoMe

Kanker mulut adalah kanker yang menyerang daerah sekitar mulut dan tenggorokan. Jenis kanker ini bisa mematikan jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Kanker yang menyerang bagian lunak dan berlendir ini bisa mengakibatkan pembusukan di daerah sekitarnya. Gejala kanker mulut yang umum adalah terbentuknya luka mirip seperti sariawan dan menimbulkan rasa nyeri. Luka pada mulut sebagai tanda adanya kanker mulut bisa berupa tonjolan yang melekat di daerah dalam mulut dan tenggorokan yang tak kunjung hilang. Benjolan ini lama kelamaan akan semakin membesar dan menyebar. Jenis kanker ini bisa menjadi sangat berbahaya karena selain mudah menyebar juga dapat menyulitkan penderita untuk menerima asupan makanan yang penting untuk masa penyembuhan.

Kanker mulut bisa terjadi pada siapa saja dengan berbagai rentang usia. Penyebab utama penyakit ini yang pasti adalah kurang terjaganya kebersihan mulut dan gigi yang mengakibatkan virus kanker bisa menerobos masuk pertahanan dari air liur. Kanker mulut dapat menyulitkan Anda berbicara, menelan, mengunyah dan mengecap. Gejala kanker mulut harus diwaspadai karena kanker dapat menjalar ke bagian tubuh penting lain mengingat mulut merupakan bagian pertengahan antara kepala dan leher. Penyebaran kanker mulut sangat cepat sehingga tidak menutup kemungkinan dapat menyerang organ lain seperti kelenjar di leher, otak, hidung, mata dan telinga.

Gejala kanker mulut dinilai sangat mengganggu karena mulut merupakan portal masuknya makanan dan minuman yang dikonsumsi serta merupakan organ untuk berbicara. Ketika terdapat gangguan seperti perdarahan gusi atau mulut tanpa sebab yang jelas, nyeri di sekitar mulut, jumlah luka atau sariawan di mulut yang tidak normal, tenggorokan sakit tak kunjung sembuh dan terdapat benjolan di dalam mulut maka perlu Anda waspadai dan berkonsultasilah pada dokter spesialis untuk masalah ini. Ketika gejala seperti ini muncul, penting bagi Anda untuk tidak mengambil keputusan membeli sembarang obat. Obat yang Anda konsumsi jika tidak sesuai dengan penyakit yang Anda derita akan memberatkan kerja ginjal dan berpotensi menimbulkan masalah yang baru.

Pada kasus kanker mulut, beberapa ahli menyimpulkan adanya faktor pemicu tersendiri yang meningkatkan resiko terjadinya mutasi sel di dalam mulut yang akhirnya berubah menjadi sel kanker. Faktor tersebut diantaranya perokok aktif, mengkonsumsi minuman keras, paparan sinar matahari pada bibir dan infeksi virus HPV. Resiko kanker mulut bisa terjadi pada Anda yang memiliki riwayat kanker sebelumnya maupun riwayat keturunan. Memang belum ada penelitian yang membuktikan mengenai sel kanker yang diturunkan, namun gejala kanker mulut biasanya juga menyerang pada anak atau cucu dari penderita kanker.

Apakah Kanker Mulut Menular?

Jika penyebab kanker mulut dari penderita bukanlah dari infeksi virus HPV atau Human Papilloma Virus, maka kanker mulut tidak akan menular. Berbeda halnya jika kanker mulut tersebut merupakan satu bentuk penyakit menular. Paparan yang terlalu sering dengan penderita penyakit menular akan meningkatkan resiko Anda tertular. Hal ini dikarenakan lapisan dinding mulut sangat tipis sehingga mudah terbentuk luka meskipun kecil. Dengan berciuman misalnya, virus HPV dari penderita dapat mudah masuk ke tubuh Anda. Anda tidak akan mengira kalau pasangan menderita penyakit ini karena gejala kanker mulut awal biasanya tidak terlalu berat dirasakan. Penderita pun cenderung terlihat sehat, namun tetap membawa virus yang berbahaya ini dimanapun dia berada.

Pengobatan kanker mulut dapat dibilang cukup sulit karena mulut merupakan portal masuknya makanan dan minuman dalam tubuh. Pengobatan yang dilakukan pun beresiko untuk sel-sel pada organ yang sehat yang ada di sekitarnya. Pengobatan biasanya disesuaikan dengan pemicu sel kanker berkembang. Jika masih bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat dan mengubah kebiasaan seperti mengurangi rokok dan minum minuman keras, maka operasi dan kemoterapi tidak akan dilakukan. Selama pengobatan yang dijalani selama kurang lebih 3 minggu dapat meringankan gejala kanker mulut, pasien berkemungkinan besar akan mendapatkan kesembuhan.

Gejala kanker mulut sangat kompleks sehingga penting bagi Anda untuk melakukan pencegahan sejak dini. Pencegahan dapat Anda lakukan dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi secara teratur serta mengkonsultasi ke dokter gigi mengenai kesehatan mulut dan gigi Anda setiap 6 bulan sekali meskipun Anda tidak merasa adanya gangguan. Dengan mengurangi rokok dan minuman keras dapat menurunkan resiko kanker mulut. Anda juga dapat meningkatkan konsumsi sayur dan buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kanker mulut memang bukan penyakit yang terkenal, namun Anda harus selalu waspada dengan menjaga kesehatan dan pola hidup sehat. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati bukan??