Mengenali Gejala Kanker Perut Sejak Dini

Kanker perut sebenarnya sama saja dengan kanker lambung, dan biasanya orang menyebutnya dengan kanker lambung yaitu terbentuknya sel-sel kanker yang berawal dari tumor yang berada di bagian perut. Adapun gejala kanker perut yang biasa dikeluhkan oleh penderitanya biasanya merasakan seringnya mengalami gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan di daerah perut. Kanker perut umumnya dapat menutup sistem saluran pencernaan sehingga menyebabkan penderitanya sulit menelan makanan hingga memuntahkan makanannya. Awalnya penderita mengalami penurunan berat badan hingga akhirnya kanker perut ini akan semakin ekstrim menyerang penderitanya.

Sementara itu kanker perut memiliki beberapa jenis, antara lain: Adenocarcinoma pada perut, limfoma lambung, tumor stroma gastrointestinal (GIST), dan tumor neuro endokrin. Untuk Adenocarcinoma pada perut sendiri hampir sebesar 95% kanker perut berasal dari jenis ini, gejala kanker perut ini berkembang dari pembentukan mukosa yang merupakan lapisan terdalam dari perut. Sedangkan limfoma lambung memberikan 4% dari jenis kanker perut yang biasanya sel-sel kanker terkadang ditemukan di sekitar dinding perut. Tumor stroma gastrointestinal sendiri merupakan jenis kanker yang langka dimana sel kanker terbentuk pada jaringan ikat dinding lambung atau pada otot. Kanker perut yang paling ganas sendiri adalah jenis tumor neuroendokrin yang timbul pada saluran pencernaan.

Adapun beberapa gejala kanker perut yang harus Anda ketahui, yaitu :

  1. Timbulnya bercak darah saat mengeluarkan tinja, yang disebabkan dengan adanya tumor yang tumbuh dalam perut sehingga menyebabkan darah mengalir saat mengeluarkan tinja.
  2. Penderita biasanya merasakan sakit pada bagian perut dari mulai sakit ringan hingga kram perut parah, rasa sakit ini biasanya muncul di atas bagian perut.
  3. Penderita selalu merasa mual saat makan, hingga muntah-muntah disertai dengan demam dan sakit kepala.
  4. Rasa tidak nyaman di daerah lambung, kehilangan nafsu makan, perut selalu merasa kembung dan kenyang padahal tidak memakan apa-apa.
  5. Selalu merasa lelah dan berat badan menurun drastis yang disebabkan sulitnya menelan makanan dan tidak mampu menyerap vitamin dan mineral ke dalam tubuh.

Itulah beberapa gejala kanker perut yang perlu Anda waspadai. Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas dalam waktu yang lama sebaiknya segera hubungi dokter ahli dalam.

Sedangkan penyebab terjadinya kanker perut awalnya disebabkan akibat radang lambung. Selain itu, adanya kuman helicobacter pylori yang merupakan faktor terpenting munculnya kanker perut atau kanker lambung. Pengaruh dari makanan sendiri dapat berperan dalam meningkatkan pertumbuhan gejala kanker lambung, seperti kadar garam tinggi, kandungan karbohidrat yang tinggi, konsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet dan kurangnya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Cara Pencegahan Gejala Kanker Perut

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa, “lebih baik mencegah daripada mengobati” nah sebelum kanker perut menyerang hidup Anda, sebaiknya Anda lakukan pencegahan gejala kanker perut berikut ini :

  • Sebaiknya konsumsi banyak sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.
  • Hindari merokok. Jika Anda perokok aktif, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok Anda. Selain merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru dan penyakit jantung merokok juga bisa menyebabkan kanker perut.
  • Hindari makan-makanan yang asin atau yang diasap. Selain itu, Anda juga harus mengurangi penyedap makanan yang mengandung banyak natrium yang bisa merusak lambung.

Anda bisa menanyakan lebih detail mengenai bagaimana pencegahan dari gejala kanker lambung ini kepada dokter ahli dalam. Ada beberapa penyakit yang bisa meningkatkan terjadinya resiko kanker perut ini yaitu seperti maag kronis, anemia, dan kolik (kram perut).

Jika Anda mengalami tanda-tanda resiko kanker perut sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi mengenai keluhan Anda. Anda juga bisa melakukan pengecekan lebih dalam untuk melakukan endoskopi agar kanker perut dapat diketahui dengan pasti.

Nah, itulah beberapa pencegahan dari timbulnya resiko kanker perut yang bisa menyerang siapapun. Bagi Anda yang menyayangi tubuh Anda, sebaiknya lakukan gaya hidup sehat mulai dari sekarang. Dimulai dari menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung serat, vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Dengan menjaga pola makan Anda maka Anda bisa menghindari resiko gejala kanker perut.