Mengetahui Penyebab Kanker Otak dan Pencegahannya

  • SumoMe

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan banyak ditakuti oleh orang. Salah satu jenis kanker yang mematikan adalah kanker otak. Kanker otak ini sangat beresiko menyebabkan kematian dan berbagai penyakit komplikasi lainnya. Penyebab kanker otak sendiri belum diketahui secara pasti, tapi banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker otak ini. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terjangkitnya kanker otak ini adalah faktor keturunan. Orang yang mempunyai keturunan penyakit kanker otak akan lebih beresiko terkena kanker otak. Selain itu, pola hidup yang tidak sehat juga dapat mengakibatkan kanker otak ini.

Penyebab kanker otak yang paling besar adalah karena paparan sinar radioaktif yang besar pada area kepala. Bagi Anda yang menjalani pengobatan dengan menggunakan radioaktif lebih besar mengalami resiko kanker otak. Paparan radiasi aktif juga tidak hanya karena pengobatan saja, tapi juga penggunaan barang elektronik seperti Handphone ataupun komputer. Paparan radiasi dari barang elektronik ini dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker pada otak. Selain itu, asap rokok dan asap kendaraan juga dapat menyebabkan timbulnya kanker pada otak.

Gejala kanker otak dapat dikenali dari penyebab kanker otak

Setelah mengetahui penyebab kanker otak, maka Anda juga perlu mengetahui tentang gejala yang timbul dari kanker otak ini. Gejala kanker otak yang sering terjadi adalah sering mengalami sakit kepala yang tanpa diketahui sebabnya. Sakit kepala ini sering muncul dengan frekuensi yang berbeda. Sakit kepala yang dirasakan oleh penderita biasanya sakit kepala yang sangat berat dan juga terjadi berulang-ulang. Sakit kepala ini biasanya akan melanda hebat ketika bangun tidur di pagi hari. Selain itu, sakit kepala yang datang juga abnormal atau sering sekali terjadi tanpa sebab yang jelas. Gejala awal lainnya yaitu sering merasa mual dan muntah tanpa sebab yang jelas. Jangan remehkan gejala awal ini, karena hal ini mungkin saja gejala dari timbulnya kanker otak.

Gejala lain yang timbul akibat dari penyebab kanker otak adalah hilangnya keseimbangan tubuh. Orang yang menderita kanker otak biasanya mempunyai keseimbangan tubuh yang lemah. Keseimbangan tubuh yang melemah ini dapat ditandai dengan sulitnya berjalan dan juga sempoyongan pada saat berjalan atau melakukan aktivitas lainnya. Orang yang menderita kanker otak juga sering mengalami lemas tanpa sebab. Hal ini karena sel kanker sudah mulai menggerogoti sel dalam otak. Jika kanker otak semakin parah, gejala yang timbul adalah berkurangnya penglihatan, pendengaran dan indra penciuman.

Gejala lainnya yang dapat timbul dari penyebab kanker otak yang semakin parah yaitu hilangnya konsentrasi atau sulit berkonsentrasi. Selain itu kejang-kejang juga termasuk dalam gejala terjadinya kanker otak. Kejang ini terjadi jika kanker otak semakin parah. Jika sel otak semakin menggerogoti otak, dapat juga terjadi kelumpuhan pada sebagian tubuh. Kelumpuhan ini dapat dimulai dari wajah dan seluruh anggota tubuh lainnya. Hal ini terjadi karena sel kanker sudah merusak sel saraf pusat pada otak.

Pencegahan kanker otak setelah mengenali penyebabnya

Setelah mengetahui penyebab dan gejala kanker otak, tindakan yang harus dilakukan adalah melakukan tindakan pencegahan. Pencegahan kanker otak dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Salah satu tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah menerapkan pola hidup sehat. Dengan pola hidup yang sehat dan juga banyak makan sayur dan buah-buahan, maka kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh akan tercukupi, sehingga penyakit tidak akan mudah menyerang tubuh. Selain pola makan, juga harus diimbangi dengan olah raga yang teratur. Perbanyak makan buah yang mengandung banyak antioksidan juga dianjurkan.

Selain dengan pola hidup sehat, Anda juga harus menghindari makan makanan yang bersifat karsinogenik. Misalnya, menggunakan minyak goreng berulang-ulang kali dan makanan yang banyak mengandung lemak. Penyebab kanker otak juga dikarenakan penggunaan barang elektronik seperti komputer. Untuk mencegah timbulnya kanker otak ini, sebaiknya ketika Anda sedang bekerja di depan komputer setiap 10 menit atau 15 menit sekali berjalan-jalanlah sebentar satu atau dua menit di sekeliling area ruangan Anda.