Penyebab Kanker Lidah dan Pencegahannya

  • SumoMe

Pada zaman modern ini, banyak sekali bermunculan penyakit-penyakit yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh manusia. Berbagai penyakit ini seperti bermetamorfosa agar dapat dengan mudah menyerang manusia dan mempengaruhi hidupnya. Salah satunya adalah kanker. Dewasa kini, banyak sekali ditemukan jenis kanker yang berbahaya bagi manusia namun baru dialami pada beberapa abad yang lalu. Banyaknya jenis kanker seperti kanker tulang, kanker kulit, kanker lambung, kanker lidah dan sebagainya membuat masyarakat awam yang kurang mengetahui bahaya penyakit ini. Sebagai contoh kecil adalah kanker lidah. Pertanda awal kanker lidah hampir sama dengan penyakit sariawan kronis yang menyerang lidah penderitanya. Ditambah lagi penyebab kanker lidah yang masih belum ditemukan di dunia medis. Hal seperti ini yang seringkali membuat penderita menjadi acuh akan status kesehatannya yang terancam.

Kanker lidah bisa menjadi penyakit yang mematikan. Salah satu contoh nyatanya dialami oleh artis cantik, Cecillia Putty Vickend. Cecil diketahui menderita kanker lidah namun cukup terlambat mengenali gejalanya sehingga penyakit telah berkembang luas di tubuhnya. Pengenalan gejala kanker lidah memang belum banyak disebarluaskan. Hal inilah yang menjadi penyebab kanker lidah tidak mudah terscreening pada masyarakat. Ketika kanker yang menyerang bagian lunak dalam mulut ini cepat dideteksi, kemungkinan hidup dan sembuh penderita akan jauh lebih besar.

Gejala dan Penyebab Kanker Lidah

Kanker lidah lebih banyak ditemukan pada laki-laki daripada wanita. Hal ini ditunjang dengan kebiasaan merokok yang lebih banyak dilakukan oleh laki-laki daripada wanita. Penyebab kanker lidah juga bisa muncul dari luka atau sariawan yang ada pada lidah dan sekitarnya. Luka ini dapat membuka jalan masuk virus kanker menginfeksi tubuh. Oleh karena itu, luka sekecil apapun jangan pernah Anda sepele jika berhubungan dengan hal yang sensitif seperti mulut. kanker lidah juga ditemukan pada orang yang memiliki riwayat keturunan dan paparan sinar matahari ataupun zat radioaktif pada bagian lidah dan sekitarnya. Sangat mudah bagi sel kanker ini bertumbuh pada jaringan lunak seperti lidah. Terlebih lagi pada lidah terkandung banyak pembuluh darah yang semakin menutrisi sel kanker tersebut.

Kanker lidah memiliki spesifikasi gejala yang hampir sama dengan sariawan pada lidah. Gejala kanker lidah lebih serius dirasakan ketika luka mirip sariawan tersebut memunculkan rasa nyeri pada rahang, leher sampai belakang telinga Anda. Tanda lain yang bisa dirasakan adalah kekakuan atau mati rasa di sekitar mulut mulai sering dirasakan. Jika terjadi gejala-gejala tersebut, penting bagi Anda untuk segera mengambil langkah berkonsultasi pada dokter ahli. Konsultasi tersebut untuk meyakinkan diri Anda apakah gejala tersebut merupakan indikasi kanker lidah atau bukan. Sehingga penanganan yang tepat sesuai dengan penyebab kanker lidah dapat segera dilakukan untuk mencegah kemungkinan buruk terjadi.

Seringkali kanker mulut menjadi rancu dengan kanker lidah. Apakah perbedaan dua kanker tersebut? Kanker mulut memiliki kesamaan pada gejala dan penyebab kanker lidah. Daerah yang terdapat sel kanker juga bisa di tempat yang sama. Namun terdapat beberapa perbedaan yang signifikan jika Anda teliti dan memahami dua kanker tersebut. Perbedaannya sangat tipis, asumsi yang mudah adalah kanker mulut bukan kanker lidah dan sebaliknya kanker lidah bisa jadi kanker mulut. Sel kanker pada kanker mulut lebih luas menyebar dan terdapat hampir di seluruh bagian mulut. Dinding mulut, langit-langit mulut, lidah, gusi, tenggorokan merupakan bagian mulut yang dapat terinfeksi oleh sel kanker. Berbeda dengan kanker lidah yang hanya terbatas pada daerah lidah saja. Meskipun dapat menginfeksi daerah lain, kanker lidah hanya akan memberi pengaruh kecil pada daerah di sekitarnya.

Penderita kanker lidah akan mendapatkan perawatan yang intensif mengingat penyakit tersebut merupakan salah satu jenis kanker ganas yang berbahaya. Dokter akan memberikan pengobatan yang hampir sama seperti penderita kanker jenis lain, namun lebih mengkhususkan pada penyebab kanker lidah yang utama. Penderita jelas akan mendapatkan obat dari dokter yang harus dikonsumsi secara rutin. Terapi seperti radioterapi dan kemoterapi harus dijalani oleh penderita untuk mencegah semakin meluasnya luka pada lidah. Operasi bukan tidak mungkin dialami oleh penderita stadium lanjut.

Perluasan daerah tumbuh sel kanker sebenarnya dapat Anda cegah penyebarannya. Pencegahan yang Anda lakukan juga dapat mengurangi resiko terjangkit kanker yang satu ini. Anda dapat memulai dengan mengetahui informasi seputar kesehatan tubuh khususnya mengenai kanker lidah. Penting bagi Anda untuk mengetahui secara jelas gejala dan penyebab kanker lidah mengingat sering sekali luka di sekitar bagian dalam mulut terjadi pada Anda. Kanker lidah bisa menjadi suatu penyakit yang tidak berbahaya ketika lebih awal dideteksi. Sehingga penyebaran dan stadium kanker masih dapat disembuhkan secara total.