Penyebab Kanker Mata Dan Cara Pencegahannya

Retinoblastoma atau dikenal juga sejenis kanker mata yang merupakan penyakit kanker yang menyerang daerah di belakang mata atau daerah yang peka terhadap rangsangan cahaya tepatnya di retina. Penyebab kanker mata jenis ini umumnya disebabkan oleh gen keturunan. Ada lagi jenis penyakit kanker melanoma pada mata yaitu sejenis penyakit kanker yang langka yang bisa mempengaruhi beberapa daerah di sekitar bagian mata, seperti iris, koloid dan ciliary body. Sedangkan jenis kanker mata yang paling umum adalah choroidal melanoma.

Sebenarnya melanoma merupakan sel yang berasal dari perkembangan sel melanosit yaitu sel yang memiliki kandungan pigmen gelap yang biasanya mendefinisikan pewarnaan pada kulit. Melanosit itu sendiri sebenarnya tidak secara eksklusif terdapat pada kulit saja, tetapi juga pada mata, rambut, dan lapisan lainnya yang terdapat pada organ tubuh manusia. Meskipun sebagian berpendapat bahwa penyebab dari melanoma okular ini disebabkan oleh paparan sinar matahari, akan tetapi masih belum ada bukti yang kuat mengenai hal ini. Tapi salah satu faktor resiko penyebab kanker mata melanoma okular ini bisa disebabkan oleh adanya pigmentasi yang tidak sewajarnya atau abnormal pada mata.

Beberapa Gejala Pada Kanker Mata

Setelah kita membahas mengenai penyebab kanker mata, saat ini akan dibahas mengenai beberapa gejala terjadinya kanker mata. Untuk gejala kanker mata sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu gejala kanker jenis melanoma mata dan gejala kanker retinoblastoma.

Adapun gejala kanker jenis melanoma mata, sebagai berikut:

  • Penglihatan lama kelamaan menjadi kabur pada satu mata
  • Timbulnya bintik-bintik gelap pada iris mata atau berubahnya warna pada iris
  • Munculnya bintik kecil pada mata yang disebut juga sebagai floaters
  • Iritasi parah pada mata yang menyebabkan mata menjadi merah-merah dan terasa perih
  • Mata menjadi melotot
  • Hilangnya penglihatan pada perifer

Adapun untuk gejala kanker retinoblastoma, yaitu:

  • Mata berubah menjadi juling
  • Perubahan warna pada pupil, dimana pupil menjadi berwarna putih
  • Iritasi mata yang menimbulkan mata perih dan merah
  • Mengalami gangguan penglihatan pada mata
  • Warna iris pada kedua mata berbeda
  • Menimbulkan kebutaan pada mata

Itulah gejala-gejala yang muncul jika seseorang terkena penyakit kanker mata tergantung dari jenis kanker mata itu sendiri. Karena masing-masing jenis kanker mata memiliki penyebab kanker mata yang berbeda-beda.

Cara Pencegahan Kanker Mata

Berdasarkan penyebab kanker mata sendiri yang telah kita ketahui, resiko penyakit kanker mata dapat dicegah. Adapun cara pencegahan kanker mata yaitu meliputi:

  • Jaga pola makan dan konsumsi sayur-sayuran yang mengandung banyak serat dan Vitamin, terutama wortel. Wortel memiliki kandungan Vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata.
  • Lakukan deteksi awal penyakit kanker mata, jika Anda mengalami ciri-ciri yang sama dengan gejala kanker mata. Sebaiknya lakukan deteksi awal untuk mengetahui apakah Anda terkena penyakit kanker mata. Biasanya deteksi penyakit kanker pada mata bisa melalui pengecekan di laboratorium atau dilanjutkan dengan pengecekan melalui CT Fundus di bagian kepala jika penderita sudah terdeteksi mengalami kanker mata.
  • Jaga pola hidup bersih. Sebaiknya Anda menjaga pola hidup bersih mulai dari sekarang, diawali dengan rajin mencuci tangan. Karena tangan yang kotor dan banyak kuman jika menyentuh bagian mata bisa menyebabkan iritasi pada mata sehingga menyebabkan mata menjadi merah dan perih.
  • Hindari pemakaian soft lens dalam jangka panjang. Pemakaian lensa kontak atau softlens dalam jangka panjang akan membuat mata sulit untuk bernafas dan menghirup udara bersih bahkan bisa menyebabkan mata terkena iritasi. Sebaiknya Anda tidak menggunakannya dalam jangka panjang untuk menghindari terjadinya penyakit pada mata.
  • Pakai kacamata anti debu. Akibat polusi udara di sekitar lingkungan saat beraktivitas biasanya menyebabkan mata menjadi iritasi, solusinya adalah pakai kacamata normal (bukan untuk rabun jauh ataupun rabun dekat) hal ini untuk menghindari masuknya debu pada mata terutama jika Anda sering menggunakan kendaraan bermotor. Faktor debu dan polusi udara ini bisa menjadi penyebab kanker mata jika debu terakumulasi dalam mata Anda.

Nah, itulah beberapa cara pencegahan yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit kanker mata. Apapun penyebab kanker mata, Anda bisa mencoba melakukan cara pencegahan di atas agar mata bisa terjaga dengan baik.