Penyebab Kanker Tulang Belakang

  • SumoMe

Kanker merupakan salah satu penyakit yang cukup serius. Penyakit ini menyerang diberbagai tempat sekitar tubuh. Kanker tersebut juga memiliki penyebab dan nama yang berbeda-beda. Salah satu penyakit kanker yang menyerang tubuh adalah kanker tulang belakang. Kanker ini terjadi di bagian tulang belakang pada tubuh. Penyakit yang menyerang tulang belakang ini biasanya dapat dirasakan oleh usia lanjut. Kanker tulang harus sangat diperhatikan, karena jika tidak diobati maka akan merusak tulang belakang dan memicu terjadinya keropos. Pada umumnya, kanker tulang terbagi menjadi dua yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder.

Kanker tulang belakang primer sangat jarang terjadi dibandingkan dengan kanker tulang sekunder. Karena kanker tulang primer merupakan kanker yang muncul dari tulang tersebut. Meskipun sampai saat ini belum ditemukan apa penyebab kanker tulang primer ini, namun kanker ini tidak terlalu berbahaya. Kanker tulang primer terjadi pada tulang itu sendiri dan akan menyebar pada tulang lain tanpa mempengaruhi organ tubuh lainnya. Jika Anda terserang kanker tulang primer, sebaiknya memperbanyak mengkonsumsi susu kalsium. Sehingga tulang menjadi kuat kembali dan akan membuat tulang yang belum terserang dapat menolak penyebaran penyakit tersebut.

Sebaliknya, kanker tulang belakang sekunder dapat terjadi dan disebabkan oleh sel-sel kanker yang berasal dari organ lain yang menyerang tulang. Seperti kanker paru-paru yang menyebar ke tulang dan lama kelamaan akan berubah menjadi kanker tulang. Apalagi fungsi tulang itu sendiri adalah pelindung organ-organ tubuh. Jika sudah terkena kanker tulang, maka tulang akan dengan cepat mengalami keropos yang akhirnya akan membuat tulang semakin lemah. Pada umumnya, kanker yang disebabkan oleh penyakit kanker lainnya yang akan menyebar ke seluruh tubuh akan membuat organ tubuh lain menjadi lemah.

Gejala kanker tulang belakang

Kanker tulang belakang memiliki beberapa gejala yang harus diwaspadai. Sering kali kita merasakan nyeri atau sakit pada bagian tulang belakang. Tulang belakang tersebut tidak hanya tulang punggung, bisa saja dirasakan sekitar leher. Biasanya kita sangat menyepelekan hal ini, karena rasa sakit ini diduga sebagai rasa lelah. Gejala kanker tulang belakang dapat membuat badan Anda akan terasa sangat lemah. Karena gangguan impuls yang menyerang tulang belakang akan menyebabkan peradangan pada tulang. Hal inilah yang membuat kondisi tubuh melemah. Tulang yang melemah ini tidak akan sanggup untuk melakukan banyak pekerjaan.

Gejala kanker tulang belakang selanjutnya yaitu kurangnya rasa peka terhadap sentuhan. Dapat dikatakan tulang ini bila disentuh akan mengalami mati rasa dan tidak sadar bahwa tulang tersebut sedang disentuh. Kanker tulang belakang ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan yang terjadi di sekitar tulang belakang. Sehingga seseorang yang menderita kelumpuhan tersebut akan semakin sulit bergerak dan akan mengakibatkan kelumpuhan yang menyebar ke seluruh organ tubuh lainnya. Jika sudah mengalami kelumpuhan, maka tingkat kanker tersebut sudah sangat fatal yang akan berujung kematian. Oleh sebab itu, bila mulai merasa nyeri pada tulang sebaiknya lakukan pengobatan.

Pencegahan kanker tulang belakang

Pencegahan kanker tulang belakang dapat dilakukan dengan mengetahui penyebab terjadinya rasa sakit kanker tersebut. Kanker tulang belakang biasanya terjadi karena disebabkan oleh terdapatnya zat karsinogen yang menggerogoti tulang serta terdapat radikal bebas dalam tubuh. Pencegahan dapat dilakukan dengan selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium. Agar tulang dapat tetap kuat dan terjauh dari partikel-partikel yang akan menggerogoti tulang tersebut. Biasakan untuk minum susu dan mengkonsumsi ikan agar kalsium untuk tulang terpenuhi. Lebih baik melakukan pencegahan sebelum sudah terjadi kanker. Karena jika sudah terserang kanker, tubuh akan cepat lemah dan akhirnya mudah terserang penyakit.

Pencegahan kanker tulang belakang juga dapat dengan melakukan olahraga rutin. Karena dengan melakukan olahraga rutin akan membuat tubuh semakin sehat dan segar. Sebaiknya olahraga dilakukan ketika pagi hari dan sore hari. Ketika pagi hari tubuh masih semangat dan masih berstamina untuk melakukan olahraga. Sedangkan pada sore hari tubuh harus di relaksasi dengan melakukan olahraga yang dapat membuat stamina tubuh balik lagi setelah seharian beraktivitas. Dengan melakukan pencegahan kanker tulang belakang tersebut tulang akan terus bekerja dan tetap kuat sehingga penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh. Bila mulai merasakan nyeri di tubuh, sebaiknya melakukan istirahat yang cukup.